OOP with PHP-Basic

PRAKTIKUM SESI 5
(Semester Genap)
OOP with PHP

Nama  : M.Fadlul Hafiizh
Kelas : XI-RPL 2


Assalamualaikum wr.wb
Gimana kawan-kawan kabarnya baik? Kaliini kita akan berlanjut dalam pembelajaran seputar web di blog TutorGesit ini. Namun untuk kaliini kita belajar mengenai konsep yang begitu familiar, apa itu? yapp benar kita akan belajar konsep OOP(Object Oriented Programming) dalam php. Buat kalian yang belum tahu OOP merupakan konsep pemrograman yang berorientasi pada objek, yang tujuan utamanya yaitu untuk mempermudah pengembangan program yang dibuat. Ada istilah yang perlu diketahui dalam OOP, Yaitu :

1. Class
Dapat dianalogikan layaknya cetak biru (rancangan) dari program yang ingin kita buat yang didalamnya terdapat Atribut, object dan method. Pembuatan class dalam PHP harus dimulai dengan kata kunci "class" lalu diikuti dengan sepasang kurawal {} untuk menyimpan program(atribut, object, method).

2.Atribut
Merupakan data yang terdapat dalam class sesuai dengan rancangan yang dibuat(class yang dibuat).

3.Method
Merupakan fungsi yang diberikan pada class tersebut. misalkan kita membuat class Motor Dengan atribut kecepatan, bobot, bentuk. maka method yang dapat kita buat untuk class ini yaitu apa saja yang dapat dilakukan oleh motor itu sendiri contoh : melaju(), rem(). seperti itu

4.Object
Merupakan hasil konkret, hasil cetak dari class yang kita buat.

Oke, kita langsung saja masuk kedalam praktek koding-kodingnya agar kalian dapat lebih cepat mengerti dan menyimpulkannya sendiri. 

Projek :
  • Buatlah Project baru di htdocs dengan nama OOP-PHP
  • Buat File baru bernama Manusia.php (Ingat! Nama Class harus diawali dengan huruf kapital). Class Manusia memiliki atribut nama, jenis_kelamin dan tanggal lahir dan metode bersuara
  • Buat File baru bernama index.php (Sebagi Main)
Ikuti step by stepnya yaa :

Praktek 1
1. Manusia.php


2. Index.php


Hasil :











Praktek 2

Kalau tadi kita cuma memanggil nama, sekarang kita coba menghitung usia berdasarkan tahun lahir manusia. Gimana caranya? ikuti langkah dibawah :

1. Manusia.php


2. Index.php


Hasilnya










Praktek 3

Nahh sekarang kita akan coba menggunakan konsep pewarisan (inheritance) dengan menggunakan extends. Kira-kira kalau di php seperti apa yaa, simak materi dibawah :

1. Buat file baru bernama KelompokMakanan.php


2.Manusia.php


3.Index.php


Hasil










STUDI KASUS

Yaa kaliini ada studi kasus, kasus yang diberikan adalah :

"Buat class baru dengan nama HewanPeliharaan yang terdiri dari atribut nama dan jenis, dan metode bersuara. HewanPeliharaan bersuara sesuai dengan jenis nya. Jika jenisnya Kucing maka bersuara Mengeong, jika jenisnya Kambing maka bersuara Mbe Pastikan kelompokan HewanPeliharaan berdasarkan jenis makananya juga".

Saya akan menyelesaikan studi kasus ini disatukan dengan praktek 1, 2 dan 3 diatas. sehingga masih menjadi 1 file. agar tidak monoton dan terlihat bosan saya akan menggunakan bootstrap. baik kita mulai. Analisis setiap kodingan dibawah ini agar kalian paham.

Struktur










Itu seluruh class yang kita buat, kini ditambah class HewanPeliharaan dan folder assets untuk menyimpan bootstrap.

1. HewanPeliharaan.php


2. KelompokMakanan.php


3. Manusia.php


4. Index.php


Nahh itu dia cara saya menyelesaikan studikasus tersebut, Hasilnya akan terlihat seperti ini :















Baik itu dia hasilnya, kalau temen-temen sekalian punya cara sendiri untuk menyelesaikan studikasus diatas silakan komentar yaa kita saling berbagi ilmu hehee.
semoga bermanfaat...

Komentar

Postingan Populer