Teknologi WEB Dinamis

PRAKTIKUM 18

Nama : M.Fadlul Hafiizh
Kelas : XI-RPL 2

 Assalamualaikum kawan-kawan sekalian. kaliini saya akan membuat salah satu contoh site map dari website e-commerce. Saya ambil salah satu toko online yang bernama Aliexpress. Aliexpress merupakan salah satu market online berbasis internasional dengan macam-macam barang yang mungkin sulit ditemukan oleh kita akan ada di market ini. barang langka seperti handphone dan alat elektronik yang tidak masuk pasar indonesia. Contoh sitemap-nya :



  • Fungsi Tiap menu
  1. Home
Ini tampilan website aliexpress

    2. Kategori
Disini letak kategori pencarian barang untuk memepermudah pencarian barang yang kita inginkan


   3. Search
Search ini dilengkapi dengan fitur referensi dibawahnya yang akan muncul sesuai dengan barang yang sering kita cari atau yang sedang trending.

   4. Whistlist
Ini berfungsi menyimpan barang/toko yang sudah kita tandai dengan tanda favorit, sehingga memudahkan kita saat kita ingin berbelanja barang yang sudah kita tandai.


  5. Promo
Promo akan ditampakan secara jelas di halaman utama, untuk mempermudah user dalam menerima informasi promo dan promo disini juga dikategorikan mulai dari flash deal (Nego), Live(promo langsung dari toko), dan new user zone (promo khusus pengguna baru)

  6. Account
Disini ada logo yang berisikan profil serta menu-menu, ada perbedaan sedikit pada site map itu karena web aliexpress ini ada beberapa versi, pertama versi international ingris, indonesia, china dan perancis. yang di site map ada fitur transaksi disini tertulis my orders tetapi fiturnya sama yaitu menyimpan himpunan data mengenai transaksi kita dalam order barang.

 7. My order/Transaksi


Ada banyak kegunaan di my order ini yang pertama mencari riwayat transaksi melewati nama suplier/toko atau lewat kode pemesanan. bahkan riwayat transaksi yang terhapus/dihapus bisa dilihat di tab 'Deleted orders'.

 8. Message Center

Pesan, notifikasi, daftar kontak yang di blacklist disini akan muncul semua. seluruh riwayat chat yang pernah kita lakukan terhadap seller/pelanggan akan tertampang dalam kotak idalog sebelah kanan.

9. Favorite Store


maksud serta guna dari fitur ini adalah mengelompokan  toko yang kita sukai atau toko yang kita kenal (sumber kita dropship), toko yang sedang promo atau riwayat toko yang baru kita belanjai.

10. Coupon

semua kupon promo yang kita dapatkan akan tersimpan disini dan dikategorikan seperti kupon apa yng ingin ditampilkan apakah semua kupon, kupon yang berlaku sekarang, tidak berlaku sekarang, yang telah digunakan atau bahkan kupon yang sudah hangus.

11. Help/Customer service


Ini berfungsi jika kita kebingungan atau membutuhkan bantuan dari pihak official aliexpress, pusat bantuan ini dikategorikan pula untuk mempermudah. ada bantuan tentang akun, tentang orderan/transaksi, pengiriman dan bahkan hingga masalah sesudah penjualan(bagi seller).



Kemudahan Penggunaan :
Kemudahan utama yaitu dari fitur pengelompokannya, baik dari customer service yang mengkategorikan pelayanan bantuannya, coupon, riwayat transaksi bahkan hampir semua bagian dalam web ini dikategorikan + memanfaatkan user interface yang enak tidak membingungkan saya waktu pertama kali berbelanja.

Saran :
Usahakan kurir pegiriman yang lebih cepat, karna durasi pengiriman di web ini untuk warga indonesia rata-rata memerlukan waktu 1-2 bulan untuk sampai ke tangan pembeli. Cukup lama sekali mungkin karna lokasi penjual yang berada di negara yang berbeda menjadi penghambatnya. semoga kedepannya website ini dapat memperbaharui layanannya sehingga durasi pengiriman dapat berjalan lebih cepat.

mungkin itu yang dapat saya paarkan dalam artikel kaliini terimaksih atas kunjungn kalian di web Tutor Gesit......

Komentar

Postingan Populer