Edit data base with form

PRAKTIKUM 29

Nama : M.Fadlul Hafiizh
Kelas : XI-RPL 2

Assalamualaikum wr.wb
selamat malam, selamat pagi, selamat siang, selamat sore buat kalian-kalian semua brader-brader bro-bro and semua pengunjung blog Tutor Gesit. kaliini kita akan belajar mengenai metode edit database melalui sebuah form. hmmm, seperti apa kira-kira? yaa intinya siih kaya kita membuat sebuah akses dari form untuk merubah value table yang ada di database. Karna akan sulit jika hanya terus dibayangkan jadiii kita langsung aja deh masuk ke tutorial bagaimana cara membuatnya. tapi sebelumya, kita menggunakan file pada praktikum sebelumnya yaa. Buat kalian yang belum baca artikel saya sebelumnya saya sarankan anda membacanya terlebih dahulu agar anda mengetahui step demi step langkah yang sudah dibuat sebelumnya.

Pertama buka file v_index.php
tambahkan kolom bernama "AKSI"


<a href="edit.php?nis=<?= $siswa['nis'] ?>">Edit</a>  digunakan untuk membuat link yang mengarah ke file edit.php dengan parameter GET nis.
Parameter GET nis digunakan untuk mendapatkan data siswa berdasarkan nis yang nantinya form akan terisi data siswa tersebut.

Kedua buat file "edit.php"

Perintah yang ada diatas sudah kita bahas di artikel sebelumnya, jika kalian belum mengetahui kegunaan serta maksud dari fetch_array dan istilah yang baru kalian temukan disini silakan kunjungi:
https://tutorgesit.blogspot.com/2019/10/read-data-data-base.html
atau
https://tutorgesit.blogspot.com/


Ketiga buka v_tambah.php

Untuk melakukan edit data, kita menggunakan form tambah yang sudah kita buat dengan menambahkan kondisi untuk menentukan kapan form menjadi mode tambah, dan kapan form menjadi mode edit


Keempat buka edit.php


Cara agar NIS tidak dapat dirubah (disabled) saat mode edit, maka diperlukan tambahan seperti dibawah ini:
Buka v_tambah.php

menambahkan variable readonly yang value nya berisi readonly dan dipanggil pada input nis agar tidak dapat di edit.


Komentar

Postingan Populer