Pemrograman Berorientasi Obyek & Interaksi User pada Javascript

PRAKTIKUM 16

Nama : M.Fadlul Hafiizh
Kelas : XI-RPL 2


Welkammm, selamat datang kembali sobat-sobat, kawan-kawan, rekan-rekan, agan-agan dan bapa ibu sekalian. Hhe balik lagi nih di blog tutor gesit😁. seperti biasa masih dalam topik pemrograman kaliini materinya apaa yaa. Yapss kaliini kita akan mempelajari PBO (Pemrograman Berorientasi Obyek) dan interaksi user pada java script. Kira-kira seperti apa yaaa, yuuu kita simak baik-baik penjelasannya berikut.

PBO (Pemrograman Berorientasi Obyek)
Merupakan sebuah paradigma dalam pemrograman yang mengelompokkan fungsi, prosedur, variabel ataupun konstanta terkait dalam satu kesatuan (kelas) seperti obyek dalam dunia nyata. Obyek sendiri merupakan wujud dari kelas, secara umum dikenal dengan nama instan. Teknik-teknik dalam pemrograman ini merupakan pengembangan dari teknik sebelumnya. Javascript menggunakan PBO dengan model pemrograman berbasis prototipe. Model ini tidak mengenal kelas, yang ada adalah obyek. Obyek dalam model ini dapat dimodifikasi secara runtime seperti penambahan variabel (properti) ataupun metode (fungsi/prosedur). Model ini juga dikenal dengan istilah pemrograman PBO tanpa kelas, berorientasi prototipe atau berbasis instan. Javascript memiliki banyak obyek bawaan seperti Math, Array, String dan Object. Setiap obyek dalam Javascript adalah instan dari obyek Object, sehingga memiliki semua properti dan metode yang ada. 

Interaksi User
Adanya interaktifitas dalam aplikasi akan membantu menarik minat pengguna untuk menggunakan aplikasi yang dikembangkan. Di banyak bahasa pemrograman pengolahan interaksi ini dikenal sebagai teknik penanganan event. Event dalam Javascript adalah sebuah kejadian interaksi antara user dengan halaman web. 



Gimana penjelasan diatas? udah paham belum nihh, yauda deh buat kalian baik yang belum paham & yang sudah paham, kalian bisa pelajari beberapa contoh pemrograman dibawah ini sekaligus sebagai bahan praktek bagi kalian yang sedang dalam proses belajar agar lebih paham. 

  • Interface Text Box To Alert
Hasilnya :




  • Fungsi PBO

Hasilnya :





  • Fungsi PBO 2

Hasilnya :





  • Interface Text Box And Button To Alert

Hasilnya :





  • Interface Text Box And Button To Alert 2

Hasilnya :





  • Interface Text Box And Button To Alert To Array

Hasilnya :






  • Interface Get Elements By Tag Name

Hasilnya :




Mungkin sekian yang dapat saya paparkan, saya ucapkan mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangannya. semoga perihal diatas bermanfaat bagi semuanya.....

Komentar

Postingan Populer