Introducting FrameWork

PRAKTIKUM SESI 9
Framework Laravel


Assalamualaikum
okey kawan-kawan balik lagi nih sama TutorGesit. dipostingan kaliini yang akan disajikan adalah mengenai framework. Karena mungkin pada materi kaliini akan sedikit lebih panjang dari materi-materi sebelumnya maka kita langsung saja masuk ke materi yaa.



Apa Itu Framework?
Framewrok merupakan sebuah software untuk memudahkan para programmer membuat aplikasi atau web yang isinya adalah berbagai fungsi, plugin, dan konsep sehingga membentuk suatu sistem tertentu. Dengan menggunakan framework, sebuah aplikasi akan tersusun dan terstruktur dengan rapi.

MVC Concept
Model-View-Controller atau MVC adalah sebuah metode untuk membuat sebuah aplikasi dengan memisahkan data (Model) dari tampilan (View) dan cara bagaimana memprosesnya (Controller). Dalam implementasinya kebanyakan framework dalam aplikasi website adalah berbasis arsitektur MVC. MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, antarmuka pengguna, dan bagian yang menjadi kontrol dalam sebuah aplikasi web

Laravel Framework



Sebenarnya ada cukup banyak framework seperti pada gambar diatas tetapi disini kita akanbahas mengenai framework yang sangat populer dan yang paling banyak digunakan sekarang. Laravel adalah framework PHP MVC yang dikembangkan oleh Taylor Otwell pada tahun 2011 dan sekarang telah mencapai versi 7 dan dengan slogan laravel “PHP THAT DOESN’T HURT. CODE HAPPY & ENJOY THE FRESH AIR.” Kita akan merasa bahwa pemrograman php itu menyenangkan dan mudah karna Banyak sekali fitur-fitur yang akan sangat membantu kita dalam menulis code

Fitur Pada Laravel
Fitur-fitur yang terdapat pada laravel diantaranya :

1. RESTful Routing
RESTful adalah cara baru dalam mengelola request seperti GET, POST, PUT, PATCH, DELETE, STORE

2.Composer
Composer adalah Depedency Management PHP yang membantu programmer untuk menggunakan library. Semua dependency ini di host di packagist.org.

3.  Command Line Tools (Artisan)
Fitur command line untuk memudahkan programmer melakukan beberapa pekerjaan, misalnya membuat database migration, server application, database seeding, creating controller & model dan masih banyak yang lainnya.

4.  Beautiful Template Engine
Laravel dilengkapi dengan template engine dengan nama Blade Template Engine untuk memudahkan penggabungan kode PHP pada HTML.

5. Eloquent ORM
Fitur Eloquent ORM (Object Relational Model) memungkinkan penulisan kode yang berhubungan dengan objek (Entitas / Tabel pada Database) dioperasikan menggunakan konsep OOP.

6. Database Migration
Fitur untuk menjaga histori migrasi database (CREATE, ALTER, DROP), mengaplikasikan migrasi baru ataupun mengembalikannya.

Install Laravel
1. Pastikan PHP yang kalian punya diatas v7.1
2. Install composer terbaru | disini
3.Ketik perintah seperti dibawah pada cmd




Struktur Foler Pada Laravel


.env 
 File konfigurasi yang hanya berlaku untuk environment local saja atau dimana file ini berada.

composer.json 
 File yang berisi kumpulan dependency yang digunakan di project ini. Anda dapat menambahkannya dengan perintah composer require atau langsung menulisnya didalam file ini

Folder app 
Tempat menyimpan seluruh file yang berhubungan dengan aplikasi yang akan dibangun dan tempat menyimpan file Model

Folder config
Tempat menyimpan seluruh file yang berhubungan dengan konfigurasi aplikasi Laravel yang akan dibangun, mulai dari database, tempat menyimpan file hasil upload, konfigurasi untuk melakukan pengiriman email, dan sebagainya.

Folder database
Tempat menyimpan seluruh file yang berhubungan dengan database migration dan database seeder

Folder public
Tempat menyimpan seluruh file yang nantinya dapat diakses secara publik oleh pengguna. Contohnya: css, js, gambar hasil upload, file selain gambar yang diupload oleh pengguna.

Folder resources
 Tempat menyimpan seluruh file views dari aplikasi yang akan dibangun. Views menggunakan template engine bernama blade sehingga setiap kali anda membuat file untuk view, maka harus ditambahkan ekstensi .blade

web.php

 File yang berisi kumpulan route dari sistem yang akan dibangun. Route ini yang nantinya diakses oleh pengguna dan diarahkan sesuai dengan kode yang kita tulis.



1. Akses Laravel
Buka cmd lalu arahkan ke folder laravel kalian berada lalu ketikkan php artisan serve maka akan muncul alamat ip yang apabila kalian buka atau kalian copy ke alamat browser akan terbuka halaman seperti dibawah ini :


2.Edit File web.php
Tambahkan seperti kodingan dibawah ini:
3.Akses di Browser

Studi Kasus 1
Buat tiga routes berbeda (bebas) dengan type GET


Cek hasilnya :
                                         



 


Studi Kasus 2
Buat 3 views berbeda (bebas) dan panggil view tersebut di route yang sudah anda buat di studi kasus 1

1.web.php

2.  resources/views/test.blade.php

3.  resources/views/studi.blade.php

3.  resources/views/cobatiga.blade.php 


Cek Hasilnya:




Studi Kasus 3
Analisis cara mengirim data ke view menggunakan cara 1 dan cara 2, apa perbedaannya? Dimana letak perbedaannya? Apa kekurangan dan kelebihan masing-masing cara tersebut?

Cara 1
Analisis

Kelebihan:
Data yang kita buat lebih mudah untuk dipanggil, saat kita membuat banyak data kita hanya perlu memanggilnya dengan variable yang sudah dibuat maka secara otomatis seluruh data akan terpanggil

Kekurangan:
Kita tidak dapat memilih data mana saja yang ingin kita tampilkan atau panggil, karena secara otomatis akan terpanggil seluruhnya.


Cara 2


Analisis

Kelebihan :
Data yang ingin kita panggil dapat kita pilih sesuai kebutuhan, hanya perlu memanggil variable-nya dengan compact()

Kekurangan :
Apabila data yang kita buat banyak sekali, kita harus bersabar ketika memanggilnya, karena perlu menuliskan banyak sekali variable.


Perbedaan
Pada cara pertama kita harus menyimpan terlebih dahulu datanya didalam array, sedangkan pada cara kedua kita tidak menyimpannya dalam array akan tetapi memanggilnya harus menggunkan compact()


Mengirim Data Kedalam Views
Hasil dari cara ke-1 ataupun ke-2 sama, hanya beda dalam caranya saja


Semoga bermanfaat...

Komentar

Postingan Populer